Manfaat Alami Tanaman Petai Cina

No comment 134 views

Petai cina atau petai selong atau juga disebut lamtoro gung merupakan tanaman yang sering kita jumpai. Banyak manfaat dari pohon petai cina ini. Selain sebagai tanaman untuk penghijauan dan penahan erosi, juga banyak manfaat lainnya. Sebagian masyarakat jawa juga menyebutnya klandingan atau kemlandingan. Buahnya mirip dengan petai hanya saja berukuran mini.

Petai cina

Berbagai kandungan dalam tanaman petai cina ini seperti vitamin A, B1, C dan Zat besi, kalsium, lemak dan fosfor. Selain itu, pada bijinya juga terdapat kandungan leukanin, leukanol protein dan mimosin.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman petai cina atau lamtoro seperti untuk mengobati kencing manis, radang ginjal, susah tidur atau insomnia, peluruh kencing, luka kena pukulan, bengkak, patah tulang dan sebagai obat cacing. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

Kencing manis
Seduh satu sendok teh bubuk biji tanaman lamtoro dengan ½ cangkir air panas. Minum hasilseduhan saat masih hangat, setengah jam sebelum makan sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Radang ginjal, Cacingan dan Bengkak (oedem)
Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

Peluruh Haid
Segenggam akar petai cina di rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas air. Minum air rebusan ini 2 kali sehari. 1 gelas untuk sekali minum.

Insomnia, Patah tulang, luka terpukul dan bisul.
10 gram dari semua bagian tanaman petai cina direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas masak. Cukup minum sehari sekali 1 gelas.

Dan banyak manfaat lainnya. Mudah-mudahan resep alami tanaman petai cina diatas bisa bermanfaat untuk Anda.